Senin, 02 Januari 2017

Makalah Cerita Anak Terbaru

Makalah Cerita Anak Terbaru


Info mengenai tempat, saat serta situasi ; tempat/saat terjadinya momen. Latar ada tiga jenis, yakni : 
 Latar tempat 
Tempat atau bangunan fisik lain sebagai tempat terjadinya beberapa momen dalam narasi. 
 Latar waktu 
Saat (saat) spesifik saat momen narasi itu berlangsung. 
 Latar suasana 
Satu diantara unsur instrinsik yang terkait dengan kondisi psikologis yang muncul dengan sendirinya bersamman dengan jalannya narasi. Satu narasi jadi menarik lantaran berjalan dalam situasi spesifik. 

D. Tokoh serta Penokohan 
Penokohan dalah lukisan watak pelaku ; langkah pengarang melukiskan watak tokoh. Arti tokoh tunjukkan pada orangnya, pelaku narasi, sedang pekonokohan tunjukkan pada sikap kwalitas pribadi tokoh. 
Diliat dari manfaat tampilan tokoh dalam narasi, tokoh dibedakan atas dua, yakni : 
1. Protagonist yaitu tokoh yang berperan memberi simpati, empati, melibatkan diri dengan cara emosional pada tokoh itu. Tokoh yang disikapi sekian dimaksud tokoh protagonist. 
2. Antagonis yaitu tokoh yang berperan menyebabkan perseteruan serta berposisi dengan tokoh protagonist. 

E. Pojok Pandang 
Kedudukan pengarang dalam narasi ; langkah pandang pengarang. Tiap-tiap pengarang mempunyai pojok pandang penceritaan yang tidak sama. Ada yang memakai pojok pandang penceritaan orang awal (saya atau aku) ; ada yang memakai pojok pandang penceritaan orang ke-2 (anda atau kau) ; serta ada pula yang memakai pojok pandang orang ketiga (ia, dia atau nama orang). 

F. Amanat 
Yaitu amanat yang di sampaikan pengarang. 


2. Unsur Ekstrinsik 
Yaitu unsur yang ada diluar karya sastra atau narasi tetapi ikut menetukan bentuk serta isi satu karya/narasi. Unsur-unsur eksttrinsik narasi rakyat, yakni : agama, politik, moral, aliran pengarang, psikologi, histori, sosial budaya, dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar